Cara Merawat Alat Reproduksi Wanita

Master

Hallo girls, bagaimana kabar anda semoga baik dan akan selalu baik ya? apa yang akan anda lakukan di akhir pekan? Jika anda bingung maka anda harus membaca artikel ini, karena artikel kali ini akan membahas mengenai cara merawat vagina, tentunya hal ini sangat penting dikarenakan anda seorang wanita harus menjaga organ intim anda.

Wanita

Cara Merawat Alat Reproduksi Wanita

Organ reproduksi wanita terdiri dari Vagina, ovarium, tuba falopi, rahim, serta leher rahim. Tentunya ini sangat berperan penting. Pada dasarnya usia remaja adalah masa transisi dimana remaja mengalami pubertas perubahan pada sistem reproduksinya yang telah berfungsi. Ditandai dengan mengalami menstruasi atau yang dalam istilah kesehetan menarche.

Nah sudah seharusnya remaja diberikan informasi mengenai kesehatan reproduksi guna remaja tidak melakukan hal yang akan beresiko terhadap organ reproduksinya.
Lalu bagaimana cara menjaga kesehatan organ reproduksi? Berikut penjelasan lebih lengkapnya.

1. Anda harus selalu menjaga kebersihan reproduksi
Hal ini merupakan cara yang paling dasar, secara umum memang biasanya kebersihan memang berkaitan dengan kesehatan.

a. Anda harus menjaga kebersihan organ reproduksi anda seperti, menjaga vagina anda agar tidak lembap dengan cara mengeringkan vagina menggunakan handuk lembut yang kering dan juga bersih.

b. Anda wajib memberesihkan vagina anda dari depan ke belakang guna mencegah mikroorganisme dari anus masuk ke vagina anda sendiri.

c. Gunakanlah pakaiaan dalam yang beresih serta menyerap keringat

d. Anda harus rutin mengganti pakaian dalam minimal 2x dalam sehari.

2. Periksakanlah diri anda secara berkala
Anda tidak seharusnya memeriksa kesehatan diri anda sendiri ketika munculnya gejala. Karena ada juga loh penyakit yang tidak menimbulkan gejalanya terlebih dahulu, jika penyakit parah baru terdeteksi maka anda akan kesulitan bukan menanganinya?
Langkah ini adalah langkah guna memastikan organ reproduksi anda sehat serta deteksi dini penyakit supaya penanganannya lebih cepat.

3. Perhatikanlah produk yang anda gunakan
Jika anda menggunakan produk untuk vagina anda anda tidak boleh melakukannya sembarangan. Bahkan anda tidak perlu untuk menggunakan produk pembersih vagina anda secara berkala. Mengapa dikatakan demikian? Karena ditakutkan produk pembersih untuk vagina akan membunuh semua bakteri yang terdapat dalam vagina anda, loh bukannya bagus ya? tidak! Sama sekali tidak bakteri yang terdapat didalam vagina anda sangat bermanfaat untuk menjaga keseimbangan pH.

Baca Juga : Mengenal Pentingnya Kesehatan Lingkungan untuk Tingkatkan Kualitas hidup

4. Istirahatlah dengan cukup
Istirahat merupakan hal yang paling penting untuk hidup sehat. Mengapa? Karena jika anda kurang istirahat maka hormon anda tidak akan seimbang sehingga akan menyebabkan gangguan pada alat reproduksi anda.

5. Hindarilah alkohol serta rokok!
Ini sudah pasti jelas bukan, karena merokok akan mengakibatkan beragam masalah kesehatan, termasuk juga kesehatan reproduksi anda. Karena minuman alkohol serta merokok akan mengganggu ovulasi pada sistem reproduksi. Jadi anda sebaiknya menghindari kebiasaan ini ya!

6. Makanlah dengan gizi yang seimbang
Tahukah anda makanan apa yang paling baik untuk kesehatan? Makanan yang paling baik adalah makanan yang bergizi seimbang serta memenuhi nutrisi sesuai dengan takarannya.

7. Menjaga berat badan
Anda dapat menguku berat badan ideal anda menggunakan kalkulator BMI, berat badan anda harus proporsional, tidak lebih bahkan tidak kurang juga. Memang berat badan selalu dikaitkan erat dalam kesehatan, terutama reproduksi, karena akan mempengaruhi kesuburan.

Nah mungkin hanya itu saja yang dapat artikel kali ini jelaskan, diharapkan setelah anda membaca artikel ini, pengetahuan anda semakin bertambah.

 

Next Post

Cara Menjaga Kesehatan Gigi

Hello happy people, bagaimana kabar anda? Semoga baik dan akan selalu baik ya! jangan sampai melewatkan makan ya supaya tubu anda tetap sehat! Menjaga Kesehatan Gigi Berbicara soal makanan, apakah anda penyuka makanan manis? Jika iya? Bagaimana sekarang keadaan gigi anda? Jika gigi anda sudah mulai berlubang dan anda juga […]