Macam-Macam Alat Kesehatan

Master

Hello happy people, bagaimana kabar anda? Semoga baik dan aka selalu membaik ya! apakah anda berniat masuk sekolah kesehatan? Seperti dokter, perawat, bidan, dan tenaga kesehata lain? Jika iya, maka anda harus mengetahui alat-alat kesehatan terlebih dahulu, sebagai tahap pengenalan. Dalam artikel kali ini, akan menjelaskan mengenai alat-alat kesehatan yang wajib anda pelajari sebelum memulai kegiatan perkuliahan di dunia kesehatan.

Alat Kesehatan

Alat Kesehatan

Dalam menjalankan tugasnya, tenaga kesehatan memerlukan berbagai macam alat kesehatan. Alat kesehatan seperti instrumen, mesin, atau bahan yang digunakan guna mencegah, mendiagnosis, merawat, serta menyembuhkan pasien.

Berikut merupakan alat-alat kesehatan dasar serta dengan fungsinya:

1. First Aid Kit atau P3K

First Aid Kit sangat dibutuhkan ketika terjadi kecelakaan ringan maupun cukup parah. P3K Bermanfaat guna memberikan pertolongan serta perawatan sementara kepada pasien sebelum mendapat pertolongan yang lebih efisen.

Kotak ini berisi obat-obatan seperti amoniak cair, obat gosok, obat mata, anti alergi, aspirin, anti mulas, anti nyeri. Dan selain obat kotak P3K ini harus berisi peralatan dimulai dari jenis senter atau pen light, pinset anatomis, peniti, termometer, kasa steril, perban, tabung portable oksigen, gunting plester, sarung tangan, selimut, antiseptik, plester, serta kompres.

2. Stetoskop

Stetoskop merupakan alat kesehatan yang paling umum anda lihat, stetoskop berfungsi untuk mendengarkan suara dalam tubuh. Seperti detak jantung, pergerakan usus, serta lambung. Stetoskop bermanfaat untuk mediagnosis dari suara dalam tubuh anda.

3. Termometer

Termometer sangat diperlukan untuk segala situasi medis. Termometer berfungsi untuk mengukur suhu tubuh serta mempunya beberapa jenis, seperti termometer air raksa, digital, serta termometer inframerah. Untuk termometer digital hanya menampilkan suhu melalui angka dalam beberapa detik. Termometer inframerah dapat menampilkan suhu tubuh dengan angka namun tanpa menyentuh tubuh, sementara untuk termometer air raksa kurang akurat serta berbahaya jika pecah.

4. Spuit atau suntik

Alat ini berbentuk seperti piston sederhana berfungsi untuk memasukan cairan ataupun gas kedalam tubuh pasien idn poker, langsung kepembuluh darah. Suntikan juga berfungsi untuk menghisap cairan guna uji laboratorium. Untuk ukurannya bervariasi, alat ini harus steril dan hanya boleh digunakan oleh tenaga medis saja.

Cara Menjaga Kesehatan Gigi

5. Infus Set

Selain suntikan, cairan ataupun obat dapat dimasukkan kedalam tubuh melalui selang infuse. Cairan atau obat akan dialirkan melalui pembuluh darah vena dengan kecepatan yang dapat diatur. Anda pasti sering melihat ketika pasien rawat inap di rumah sakit pasti memakai selang infus di tangan kirinya.

6. Glucometer

Alat ini digunakan untuk mengecek kadar gula darah. Terdiri dari jarum lancet, strip, dan alat ukurnya. Bagian yang berperan penting dalam pengukuran kadar gula mandiri adalah strip pengukur serta alat pengukur. Strip berguna untuk mengambil sampel darah pasien.

7. Masker Oksigen

Alat ini digunakan untuk memberikan oksigen pada pasien yang memilki gangguan sistem pernapasan. Alat ini dilengkapi dengan selang agar pemberian oksigen dapat dilakukan dengan lancar. Terbuat dari bahan yang lentur, seperti PVC dan silikon yang telah memenuhi standar kualitas medis. Alat ini terbagi menjadi tiga, yakni simple face mask, rebreathing mask, dan non rebreathing mask.

Nah mungkin sedikit alat medis yang dapat dijelaskan, diharapkan setelah anda membaca artikel ini, pengetahuan anda sebelum anda memulai kegiatan perkuliahan kesehatan dapat bertambah. Selalu semangat dalam menjalankan aktivitas anda.

Next Post

Mekanisme Pertahanan Diri Adalah Hal Penting Bagi Manusia, Simak Jenis-jenisnya!

Mekanisme pertahanan diri adalah usaha yang dilakukan seseorang untuk melindungi diri dari sesuatu yang berpotensi merusak dan membahayakan dirinya. Dalam hal ini, mekanisme pertahanan diri yang dimaksud yaitu mekanisme dalam kesehatan mental yang dinilai sama pentingnya dengan kesehatan jasmani. Simak jenis-jenis mekanisme pertahanan diri berikut ini. Mekanisme Pertahanan Diri Adalah […]
Kesehatan Mental