Kebiasaan Atau Penyakit? Sering Menggigit Pipi Bagian Dalam

Master

Banyak kebiasaan yang tanpa sadar sering kita lakukan, seperti menggigit pipi bagian dalam (Cheek Biting). Kebiasaan ini sangat mirip dengan orang yang sering menggigit kukunya. Kebiasaan ini adalah perilaku spontan yang dilakukan ketika seseorang sedang dalam keadaan stres dan cemas berlebihan. Tanpa disadari melakukan kebiasaan ini dapat berdampak buruk pada bagian pipi dalam yang tergigit. Menurut Anda, sering menggigit pipi bagian dalam, kebiasaan atau penyakit ya? Ayo kita cari jawaban melalui ulasan di bawah ini.

Apakah menggigit pipi dalam merupakan sebuah penyakit?

Kebiasaan menggigit pipi bagian dalam banyak dilakukan mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Cheek biting atau menggigit pipi dalam adalah suatu kebiasaan yang sering dilakukan berulang kali tanpa disadari oleh diri sendiri. Hal ini pada umumnya dilakukan seseorang ketika berada dalam kondisi psikologis tertentu, seperti stres, kecemasan, dan kebosanan.

Jika kebiasaan ini tidak dihentikan dan dilakukan terus-menerus, maka kondisi ini termasuk dalam jenis Body-Focused Repetitive Behavior yang merupakan kondisi seseorang mengulang suatu aktivitas yang melibatkan bagian tubuh secara berulang-ulang. Contohnya menggigit kuku, menarik-narik rambut, atau mengedip-ngedipkan mata. Kebiasaan mengigit pipi dalam dikenal bahasa medisnya dengan sebutan Chronic Cheek Bite Keratosis.

Kenapa ada orang yang suka menggigit pipi dalam?

Orang yang suka menggigit pipi dalamnya cenderung sedang dalam kondisi psikologis tertentu yang mendorongnya melakukan kebiasaan itu. Biasanya dilakukan untuk meredakan stres dan kecemasan yang dialami. Selain merupakan kebiasaan, menggigit pipi juga dapat terjadi karena faktor ketidaksengajaan dan kondisi anatomi dalam rongga mulut.

Berikut ini adalah dua penyebab utama, mengapa orang suka menggigit pipi dalamnya, antara lain:

  • Posisi gigi yang berantakan

Posisi gigi yang tidak sempurna alias berantakan juga merupakan faktor seseorang sering menggigit pipi dalamnya. Posisi rahang atas dan bawah yang tidak sesuai atau tidak normal, akan membuat gigi tidak mengatup dengan sempurna. Otak menyadari kondisi ini dan terkadang refleks menggerakan gigi-gigi tersebut.

Untuk mengatasi kondisi gigi yang tidak dapat mengatup rapat, ,maka bagian pipi dalam suka digerakkan sehingga lama-lama gesekan antara gigi dengan pipi bagian dalam dapat menimbulkan luka, juga dalam bibir. Jika seseorang mengalami kondisi gigi yang tidak sejajar, maka akan mengakibatkan ketergantungan psikologis untuk mengigit pipi bagian dalamnya secara terus-menerus tanpa disadari. Hal ini akan bertambah parah bila seseorang sedang mengalami stress berat atau cemas berlebihan.

  • Ceroboh saat mengunyah atau berbicara

Saat berbicara atau sedang mengunyah makanan, seseorang sering menggigit pipi dalamnya tanpa disengaja. Sehingga sangat perlu fokus saat sedang makan agar pipi tidak tergigit dan menimbulkan luka di dalam mulut.

Apa dampaknya jika sering gigit pipi dalam?

Kebiasaan ini dapat menyebabkan kerusakan serius pada lapisan mulut bagian dalam, yang biasanya baru disadari ketika luka sudah muncul. Posisi pipi yang digigit biasanya di tempat yang sama dan bila sudah terluka hingga sembuh kembali, tidak menutup kemungkinan akan memulai kebiasaan menggigit pipi dalam lagi.

Baca Juga : Minuman yang Ampuh Menurunkan Berat Badan

Kebiasaan ini dapat membuat komplikasi fisik yang semakin parah untuk kulit dalam mulut. Luka yang ditimbulkan tergantung dari tingkat keparahan kebiasaan ini dilakukan. Jika kondisi ini semakin parah, sebaiknya konsultasikan diri Anda dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Bagaimana cara menghentikan kebiasaan ini?

Kebiasaan ini dapat dihentikan tergantung dari diri Anda sendiri. Jika penyebabnya adalah perasaan cemas, stres, atau kebosanan, cobalah beberapa cara ini untuk mengurangi kebiasaan ini:

  • Mengunyah makanan secara perlahan.
  • Konseling atau Psikoterapi.
  • Konsumsi obat anticemas dan antidepresan, tapi harus sesuai dengan anjuran dokter.

Cara merawat luka akibat gigitan

Selalu bersihkan luka akibat gigitan agen poker ini, hentikan pendarahan dengan melakukan kompres dingin ke daerah yang mengalami pendarahan dengan es yang dibungkus kain lembut. Anda juga dapat berkumur dengan antiseptik untuk mencegah terjadinya infeksi.

Jadi, apakah merupakan kebiasaan atau penyakit, jika sering menggigit pipi dalam? Sudah tahukan jawabannya, semoga ulasan di atas dapat membantu ya teman-teman. Dan jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan mulut untuk mencegah terjadinya infeksi pada mulut Anda ketika terluka.

 

Next Post

Mengenal Pentingnya Kesehatan Lingkungan untuk Tingkatkan Kualitas hidup

Kesehatan merupakan hal yang paling berharga, saat tubuh mengalami sakit segala hal jadi terganggu seperti pekerjaan dan aktivitas lainnya. Nah salah satu kesehatan yang paling penting adalah kesehatan lingkungan karena 12,6 juta orang meninggal akibat lingkungan yang tidak sehat. Mengenal Pentingnya Kesehatan Lingkungan Lingkungan sangat berpengaruh terhadap kesehatan semua lini […]
Lingkungan Hidup